oleh

Garda Muda Sabita, Terapkan Pola Lingkungan Bersih di Yengah Pandemi Covid-19

Bangka Tengah, Swakarya.Com. Pola lingkungan bersih yang di terapkan oleh organisasi Garda Muda Sabita (GMS) Kampung Sungai Tebuk, Dusun Lubuk Laut, Desa Lubuk Besar Kecamatan Lubuk Besar, Kabupaten Bangka Tengah yaitu dengan pembersihan tahap awal lingkungan Posyandu Perahu, serta Pos ronda.

Penerapan pola lingkungan bersih disekitar posyandu perahu dan pos ronda kampung dilakukan merupakan tahapan awal dalam proses pembelajaran budaya lingkungan bersih ditengah Pandemi Covid-19.

“Di dalam penerapan pola lingkungan bersih dan budaya hidup sehat masyarakat memang kita lakukan secara bertahap, terutama di tengah Pandemi Covid-19 saat ini. Peran serta dan dukungan dari masyarakat terkait upaya pencegahan penyebaran Pandemi Covid-19 akan terus kita upayakan, protokol kesehatan dari pemerintah akan kita dukung dengan pengetahuan dan daya dukung budaya lingkungan sehat masyarakat itu sendiri,” Ungkap Al Akbar Fatahilah ketua organisasi GMS kepada wartawan swakarya.com pada Jum’at, 12 Maret 2021.

Ditambahkan pula olehnya, peran serta masyarakat dalam proses, 3M (Mencuci Tangan, Menggunakan Masker, Menjaga Jarak) akan sangat berdampak besar dengan pola hidup sehat dan lingkungan bersih di desa ataupun lingkup terkecil (kampung) sekalipun.

“Selain pola hidup sehat dengan rutin senam kebugaran jasmani untuk warga sekitar, kami juga turut melakukan pembersihan lingkungan Posyandu dan pos ronda. Kedepannya, tidak menutup kemungkinan akan dilakukan pembersihan lingkungan rumah warga dan lokasi rawan keramaian,” Ungkapnya.

Ditambahkan pula olehnya, kegiatan ini di dukung penuh oleh seluruh pihak dan aparatur desa yakni, Kepala Desa (Kades), Kepala Dusun (Kadus), RT, dan pengurus Posyandu Perahu.

“Dukungan penuh serta apresiasi terkait program pembersihan lingkungan ini di berikan oleh seluruh pihak, dengan adanya tindakan kepedulian terhadap lingkungan dan kesehatan warga yang kami lakukan memang sudah menjadi pokok program, Visi, dan Misi kami yakni, memajukan pola pikir masyarakat serta mendorong program pemerintah daerah maupun pusat,” Ujarnya.

“Harapan kami terhadap kegiatan bersih lingkungan, masyarakat kedepannya akan semakin sadar untuk menjaga lingkungan dan memberikan edukasi budaya menjaga kebersihan lingkungan masyarakat sehingga terbentuk pola berkelanjutan dan efisiensi lingkungan Yang sesuai dengan kearifan lokal,” tutupnya.

Penulis: Akbar

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait