oleh

Basarnas Babel Buka Pelatihan Potensi SAR, Angkat Tentang Pertolongan Pertama di Perairan

Pangkalpinang, Swakarya.Com. Kantor SAR Pangkalpinang atau Basarnas Bangka Belitung melaksanakan pelatihan potensi SAR tahun 2021 untuk Potensi SAR yang berada diwilayah Kabupaten Bangka di Learning center PT. Timah Tbk pada Rabu, 23 Juni 2021.

Kegiatan ini resmi di buka pada pukul 09.35 WIB oleh Kepala Pusat Data dan Informasi Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (BASARNAS) Bapak Didi Hamzar,S.Sos,M.M.

Paslanya, Kegiatan ini akan berlangsung di Learning Center PT Timah Tbk dengan kelas materi sedangkan kelas praktek di perairan Pantai Tikus Emas.

Pelatihan Potensi SAR Tahun 2021 yang diadakan selama 4 hari yakni tanggal 23 – 26 Juni 2021 akan memuat materi materi tentang teknik pertolongan di air dan pertolongan pertama terhadap korban.

Pelatihan Potensi SAR Tahun 2021 mengusung tema “Melalui Pelatihan Potensi SAR Kita Tingkatkan Pengetahuan dan Keterampilan Dalam Penanganan Kecelakaan Diperairan, adapun jumlah peserta sebanyak 25 orang dari berbagai instansi berpotensi SAR yang ada di Kabupten Bangka Prov Kep.Bangka Belitung.

Didi Hamzar, S.Sos.,M.M yang sekaligus membuka acara dan memberikan sambutan mengakatakan “Potensi SAR merupakan unsur utama keberhasilan pelaksanaan operasi SAR sehingga diperlukan peningkatan pemahaman dan keterampilan para potensi SAR dalam memberikan bantuan tenaga SAR kepada Basarnas untuk melakukan penyelamatan diair,” katanya.

Selain itu, ia juga mengatakan apabila terjadi kecelakaan maupun kondisi membahayakan manusia di laut dimana sebagian besar wilayah kerja Kantor SAR Pangkalpinang (Basarnas Babel) merupakan perairan.

“Kantor SAR Pangkalpinang (Basarnas Babel) terus berupaya meningkatkan kemampuan sumber daya manusia baik internal maupun external serta bersinergi dengan seluruh stakeholder terkait dalam memberikan pelayanan SAR kepada masyarakat di Prov Kep Bangka Belitung,” pesannya.

“Salah satu upaya yang dilakukan sesuai dengan Peraturan Pemerintah no.21 tahun 2017 tentang pembinaan potensi SAR adalah dengan melaksanakan pelatihan pelatihan bagi potensi SAR di wilayah kerja Kantor SAR Pangkalpinang, tambah Didi Hamzar,S.Sos.M.M di balai Diklat learning center PT. Timah TBK Kab. Bangka.

Sementara itu, Fazzli, S.A.P. selaku Kepala Kantor SAR Pangkalpinang (Basarnas Babel) dalam kegiatan ini mengungkapkan kegiatan pelatihan potensi SAR ini sempat tertunda pada tahun 2020 dan untuk pelaksanaan tahun ini sesuai rencana kita laksanakan di Kab Bangka.

“Namun terdapat pengurangan jumlah peserta berdasarkan ketentuan dan aturan dalam situasi pandemi saat ini, dan kami mengutamakan sepenuhnya protokol kesehatan dalam kegiatan ini.”ungkap Fazzli, S.A.P.***

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait