by

Aspeksindo Gelar Munas II di Perairan Belitung

Badau, Swakarya.Com. Menjadi suatu kebanggaan, Kabupaten Belitung dipercaya menjadi tuan rumah dalam pelaksanaan Musyawarah Nasional (Munas) II Asosiasi Pemerintah Daerah Kepulauan dan Pesisir Seluruh Indonesia (ASPEKSINDO).

Tak seperti perhelatan sebelumnya, kali ini Munas yang bertemakan “Membangun Indonesia dari Pinggiran” bertepatan pada Peringatan Hari Maritim Nasional diselenggarakan di atas KRI Semarang-594 milik TNI AL yang berlabuh di Pelabuhan Tanjung Ru,  Kabupaten Belitung, Jumat (08/10/2021).

Lebih tak biasa lagi, Munas kali ini dihadiri langsung oleh Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, Wamenhan RI dan Wamen Tata Ruang RI ditambah juga kehadiran Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Erzaldi Rosman bersama dengan Kapolda Anang Syarif Hidayat.

Dalam sambutannya, Gubernur Erzaldi Rosman mengucapkan selamat menjalankan Munas II kepada seluruh anggota Aspeksindo yang hadir. Ia juga mengapresiasi kreatifitas tinggi dalam penyelenggaraan Munas tahun ini, karena dilaksanakan di atas KRI milik Angkatan Laut ini.

Apresiasi tinggi juga disampaikannya kepada Kasal Yudo Margono atas perhatian khusus kepada pemerintah daerah kepulauan dan pesisir.

“Saya yakin, kolaborasi antara TNI AL dan Pemerintah Daerah Kepulauan dan Pesisir dan ini akan menjadi lompatan dan daya ungkit  yang luar biasa,” ungkapnya.

Gubernur juga berharap kepada jajaran pengurus dan anggota Aspeksindo agar bersama-sama mendukung kesuksesan daerah kepulauan dan pesisir di Indonesia melalui susunan kepengurusan yang dapat membawa organisasi tersebut menjawab tantangan pembangunan dimasa depan.

Disamping itu untuk turut serta menghasilkan rumusan rekomendasi yang akan membawa kemajuan serta memberikan kontribusi yang lebih besar kepada masyarakat serta untuk memajukan perekonomian nasional.

“Mari kita gali potensi yang ada di daerah ini, dengan aturan yang baik untuk mensejahterakan masyarakat kita,” pungkas Gubernur.

Aspeksindo yang beranggotakan ratusan kepala daerah wilayah kepulauan dan pesisir, merupakan wadah akselerator untuk mendorong kemajuan daerah kepulauan dan pesisir di Indonesia yang tergabung pada sebuah organisasi kerjasama yang menjalin hubungan kemitraan antar pemerintah daerah kepulauan dan pesisir.

Organisasi ini diharapkan dapat menjembatani berbagai kepentingan, baik bagi pemerintah daerah kepulauan dan pesisir, pemerintah pusat, dunia industri atau swasta serta pihak lain, baik di dalam maupun luar negeri.

Sehingga keberadaan Aspeksindo ini diharapkan mampu membangun dan menciptakan sebuah persepsi yang sama mengenai peran dan kewenangan kepala daerah kepulauan dan pesisir dalam membangun daerahnya sesuai dengan karakteristik kepulauan.

Kasal Yudo Margono pada kesempatan tersebut sangat berbangga atas terlaksananya Munas ini, menurutnya Aspeksindo merupakan mitra yang bermisi sama, yaitu kemajuan maritim.

“Tidak mungkin kami angkatan laut bekerja sendiri tanpa dukungan pemerintah daerah kepulauan dan pesisir ini. Tentunya perlu berkerjasama dengan bapak-ibu semua,” ungkapnya.

Sementara itu, Ketua Umum Aspeksindo Abdul Ghafur memiliki kesan tersendiri atas kedatangannya ke Babel, dirinya mengatakan sangat iri dengan Indonesia bagian barat seperti Babel, karena di wilayahnya yakni Kalimantan Timur masih banyak jalanan yang berlubang, namun di Belitung sangat mulus.

“Negara kita maritim, bangsa ini adalah bangsa dari gambaran surga,” ungkap Bupati Penajam Paser Utara tersebut.

Bupati Penajam Paser Utara tersebut pun berpesan kepada pemerintah pusat untuk memberikan hak-hak masyarakat di pulau-pulau terluar. Hal ini mungkin kecil tampaknya, tetapi menurutnya, benteng kita salah satunya tentang pengakuan pulau-pulau kecil agar memiliki kekuatan hukum.

“Semoga aspeksindo kedepan berguna bagi bangsa kita untuk menuju bangsa indonesia yang maju,” ungkapnya di Rakornas Aspeksindo.

Selain itu, Abdul Ghafur yang merupakan anak kelahiran pulau Kalimatan itu menceritakan bahwa dirinya bahkan lahir diatas kapal, sehingga ia berbangga sebagai anak pesisir, Munas kali Ini pertama kali diselenggarakan diatas Kapal.

Dirinya berterima kasih kepada jajaran pemerintah di Babel sebagai tuan tumah dan kepada TNI AL katena dapat melaksanakan Munas ini di KRI Semarang-594.***

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Terkait