oleh

17 Tahun Cantiknya Negeri Ku: “Refleksi Hari Jadi Kabupaten Bangka Selatan”

Oleh: Sabpri Aryanto
Sekretaris Pemuda Muhammadiyah Bangka Belitung

Memaknai hari jadi Kabupaten Bangka Selatan ke-17 tahun merupakan momentum untuk memperkokoh tekad membangun, mewujudkan cita-cita dibentuknya Bangka Selatan sebagai kabupaten yaitu terciptanya kesejahteraan masyarakat serta pemerataan pembangunan untuk seluruh masyarakat Bangka Selatan.

Tanggal 27 Januari 2003 adalah hari yang sangat bersejarah bagi warga Bangka Selatan dimana tanggal tersebut didaulatkan hari jadi Kabupaten Bangka Selatan. Perjuangan pembentukan kabupaten ini penuh tantangan dan lika-liku proses yang panjang jika kita harus tahu sejarah terbentuknya Kabupaten Bangka Selatan ini. Perjuangan para pemuda dan presidium pembentukan membuah hasil apalagi sekarang memasuki usia yang beranjak dewasa 17 tahun.

Ibarat perempuan, Bangka Selatan di usia 17 tahun ini sedang cantik-cantiknya. Artinya, Bangka Selatan dalam kondisi yang baik dan harus mempercepat pembangunan serta mensejahterakan kehidupan bermasyarakat. Pembangunan Bangka Selatan tidak bisa hanya diserahkan pada eksekutif maupun legislatif tapi juga semua pihak, masyarakat, pemuda dan lainnya. Tetapi tetap harus mendapat suport dari pemerintahan daerah. Karena kemajuan suatu daerah harus dirawat dan dibesarkan secara bersama demi terwujudnya cita-cita pembentukan kabupaten.

Di usia 17 tahun ini Bangka Selatan harus berbenah diri dalam merawat kesejahteraan masyarakat baik dari aspek bidang pelayanan dasar, kesehatan, dan pendidikan serta mengatasi angka pengangguran dan lainnya harus menjadi perhatian prioritas pemerintah serta keberhasilan pencapaian ekonomi secara luas harus terus ditingkatkan melalui peningkatan ekonomi masyarakat, menekan angka inflasi, menyediakan lapangan kerja yang seluas-luasnya, meningkatkan indeks pembangunan manusia, indeks kebahagian, dan angka harapan hidup dalam mewujudkan masyarakat yang adil dan makmur.

Momentum 17 tahun usia cantiknya negeri ku harus menjadikan Bangka Selatan sebagai momentum hari jadi untuk membangun semangat baru dan selalu mengedepankan kebersamaan dalam mewujudkan pembangunan di Kabupaten Bangka Selatan. Cantiknya negeri ku harus menata kembali tata kota negeri ku junjung besaoh agar terlihat suasana kota, di sisi lain masyarakat mengharapkan hadirnya ruang terbuka hijau sebagai wadah refreshing untuk semua masyarakat. Tata kota negeri ini harus dipercepat sebagai bentuk menghadirkan kedewasaan Kabupaten Bangka Selatan.

Cantiknya negeri ku hendaknya dijadikan momentum untuk merenung dan mengevaluasi segala ikhtiar yang sudah dilakukan untuk meningkatkan kualitas penyelenggaraan pemerintahan dan terus berintrospeksi diri untuk mempercepat pembangunan Bangka Selatan pada khususnya.

Di momen yang cantik-cantiknya negeri ini juga momentum bagi seluruh masyarakat di daerah Bangka Selatan untuk terus bekerja keras dan bergerak cepat melaksanakan perubahan dalam membangun dan melahirkan inovasi dengan tujuan menciptakan kesejahteraan masyarakat, dengan menggali berbagai potensi sumberdaya yang ada demi kepentingan daerah dan masyarakat banyak.

Sekarang bagaimana pemerintah harus bergerak cepat terutama dalam sektor kehidupan masyarakat baik lapangan pekerjaan dan perekonomian. Blue print pembangunan harus dijalankan dengan sungguh-sungguh. Semua sektor yang berkaitan dengan hajat banyak masyarakat harus menjadi perhatian karena itulah sumber pencaharian masyarakat.

Di usia yang seksi kali ini, kabupaten ku menjadi incaran bagi para “elit intelektual” yang ingin menguasai dan melakukan pembangunan kearah yang lebih maju demi mewujudkan kepentingan daerah dan masyarakat banyak. Para bakal calon kepala daerah sudah harus mendesain blue print pembangunan baik tata kota, perekonomian, lapangan kerja, kesehatan, pendidikan dan lainnya harus dijadikan dan dikemas dalam bentuk visi-misi yang jelas dalam membangun negeri yang lagi cantik-cantiknya (17 tahun).

Semoga kabupaten ku tetap menjadi kabupaten kebanggaan masyarakat Bangka Selatan, semoga pengangguran akan segera teratasi, perekonomian dan lain sebagainya segera terwujud demi mewujudkan cita-cita mulia pembentukan Kabupaten Bangka Selatan.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait